10 Rekomendasi Modem 4G Internet Super Ngebut

10 Rekomendasi Modem 4G Internet Super Ngebut – Modem 4G biasanya menjadi pilihan siapa saja yang menginginkan koneksi Internet berkecepatan tinggi. Karena tidak terintegrasi dengan ponsel atau ponsel pintar, selain daya tahannya yang andal, modem juga memiliki antena yang kokoh untuk menerima dan memancarkan sinyal.

10 Rekomendasi Modem 4G Internet Super Ngebut
Source : review.bukalapak

Rekomendasi Modem 4G Internet Super Ngebut

Namun, memilih modem 4G terbaik tidaklah mudah. Selain itu, banyak jenis modem yang bertebaran. Spesifikasi dan kemampuan menangkap sinyal internet juga berbeda, sehingga Anda harus memilih spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Maka dari itu, untuk mempermudah pemilihan, berikut rekomendasi dari searchwarp 10 saran modem 4G terbaik yang bisa Anda beli dengan mudah di pasaran. Tapi pertama-tama, mari kita pahami dulu kekacauan tentang modem 4G.

Apa itu modem WiFi (MiFi) 4G?

Perangkat modem yang memiliki ukuran seluler dan bergantung pada jaringan seluler sebenarnya disebut MiFi. MiFi tidak memiliki ekstensi resmi, tetapi orang sering menyebut MiFi sebagai WiFi seluler.

MiFi sendiri biasanya berisi dua komponen utama yaitu modem dan router Wi-Fi. Komponen router Wi-Fi menyediakan koneksi Wi-Fi di produk ini. Di saat yang sama, modem di perangkat MiFi dapat menyediakan koneksi ke jaringan seluler seperti 3G dan 4G.

Anda dapat menjamin bahwa MiFi dapat dengan mudah dibedakan dari modem di rumah. Modem 4G Wi-Fi biasanya berukuran kecil, membuatnya mudah dibawa atau dibawa bepergian. Jaringan internet yang digunakan modem 4G biasanya berasal dari operator seluler seperti XL Axiata, Smartfren dan Telkomsel.

Pada saat yang sama, modem yang digunakan di jaringan ISP rumah biasanya berukuran besar dan sulit untuk dipindahkan. Jaringan internet yang digunakan modem ini juga berasal dari ISP, seperti FirstMedia, CBN dan IndiHome.

Lantas, apa saja keuntungan menggunakan modem 4G Wi-Fi? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ukuran modemnya kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Anda dapat membawa perangkat ini dalam perjalanan bisnis ke kantor dari rumah.

Ada juga orang yang menggunakan MiFi karena area asalnya tidak dilalui atau termasuk dalam cakupan ISP yang baik. Biasanya suatu daerah memiliki jangkauan sinyal seluler yang cukup. Oleh karena itu, modem 4G adalah pilihan bijak untuk terhubung ke Internet.

Selain itu, modem 4G biasanya dilengkapi dengan router Wi-Fi, tergantung pada jenis modem yang digunakan, perangkat dapat diakses secara berkelompok, biasanya maksimal 5 pengguna sekaligus. Oleh karena itu, seluruh rumah Anda dapat mengakses Internet bersama.

Baca Juga : 3 Router Wifi Terbaik Di Tahun 2021

Oh ya, perangkat yang bisa terkoneksi dengan modem 4G juga harus dilengkapi Wi-Fi. Perangkat yang dapat dihubungkan ke MiFi termasuk ponsel, tablet, komputer, dan konsol game modern.

bagaimana cara memilih modem 4G yang terbaik ?

Langkah pertama adalah mempertimbangkan jaringan operator seluler yang akan digunakan. Pertama-tama tanyakan tetangga atau teman kos Anda apakah jaringan operator seluler pilihan di daerah Anda bagus. Ini karena kualitas Internet di satu area mungkin berbeda di wilayah lain.

Misalnya banyak yang bilang kualitas internet Telkomsel sangat bagus di rumah, belum tentu kualitas internet bagus di daerah Anda. Mungkin Internet Smartfren lebih baik. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda melakukan langkah investigasi ini dan tidak membuat pilihan yang salah.

Langkah kedua adalah memilih apakah akan memaketkan paket. Operator seluler biasanya menyediakan bundel untuk perangkat MiFi dengan kartu SIM. Harganya biasanya lebih murah daripada membeli MiFi yang tidak terkunci dan paket pemula. Pasalnya, bundel biasanya dilengkapi berbagai paket bonus internet dengan kuota lebih besar. Oleh karena itu, meskipun kartu tidak dapat diganti di masa mendatang, hanya bundel yang harus dipilih.

Langkah ketiga, biasanya operator seluler menjual bundel dengan harga bervariasi. Besarnya berkisar antara 100.000 rupiah hingga jutaan rupiah. Biasanya, jutaan tag dibundel dengan fitur super komprehensif mulai dari teknologi hingga jangkauan Wi-Fi yang luas. Jika Anda tidak membutuhkan modem dengan kemampuan Wi-Fi yang luas, Anda sebaiknya memilih modem yang lebih murah.

Oh iya, modem 4G biasanya bisa terkoneksi ke beberapa perangkat sekaligus. Modem yang mahal biasanya dapat terhubung ke 30 perangkat sekaligus.

Untuk menemukan rekomendasi MiFi terbaik, silakan lihat rekomendasi berikut:

1. Modem WiFi S1 Smartfren

Modem WiFi S1 Smartfren
Source : Smartfren

Bisa dibilang ini adalah modem 4G terbaik, ukurannya lebih kecil dan bisa menangani kecepatan internet yang sangat tinggi. Pabrikannya adalah Haier yang diluncurkan bekerjasama dengan Smartfren belum lama ini.

Modem WiFi S1 memiliki antena 4G Cat 7, dengan kata lain, kapasitas unduh dapat tetap di kisaran 220 Mbps. Fungsinya sangat lengkap yaitu USB portable, storage sharing, mobile power, dan baterai berkapasitas 3.250 mAh. Anda juga dapat mengatur transmisi sinyal agar bekerja pada 5 GHz atau 2,4 GHz.

Harga modem 4G terbaik ini mulai dari Rp 1.200.000 dan di-bundle dengan Smartfren yang sudah termasuk total kuota 4G 120 GB dan berlaku selama 30 hari. Kuota tersebut dibagi menjadi kuota utama 60 GB dan kuota malam 60 GB.

2. Huawei B315

Huawei B315
Source : Huawei

Menurut penggunaanya untuk pengguna rumahan, ukuran modem ini terbilang cukup besar. Namun bisa dibilang ini adalah salah satu modem 4G terbaik yang mendukung teknologi Cat 4, dengan kecepatan unduh maksimal sekitar 150 Mbps.

Anda dapat memasangkan kartu SIM 4G atau menggunakan kabel sebagai perantara koneksi internet. Ada juga port USB 2.0 yang dapat dihubungkan ke printer, hard disk, penyimpanan jaringan, atau flash drive. Anda juga dapat menghubungkannya ke komputer menggunakan kabel Ethernet.

3. Huawei E5673

Huawei_E5673
Source : Huawei

Modem 4G kecil ini telah lama ada di Indonesia, dan dapat diperoleh dalam kondisi tidak terkunci atau dibundel melalui beberapa koneksi Internet operator. Dalam hal kecepatan dan portabilitas, ini adalah salah satu modem 4G terbaik. Terdapat antena Cat 4 di dalamnya, yang dapat mengatur kecepatan internet hingga 150 Mbps, dan dapat digunakan 16 orang pada saat yang bersamaan. Anda juga mendapatkan baterai 1.500 mAh, yang sangat tahan lama.

4. TP-Link M7350

TP-Link M7350
Source : TP-Link

Ada juga gadget portable yang bisa dibilang sebagai modem 4G terbaik. Antena TP-Link M7350 internal dapat mengelola 4G Cat 4 dengan kecepatan unduh maksimum 150 Mbps. Keuntungan yang menarik adalah ia memiliki mode plug-and-play, sehingga Anda dapat mencolokkannya ke komputer Anda dan mendapatkan koneksi Internet secara instan.

Selain itu, Anda juga bisa terhubung ke 10 perangkat sekaligus menggunakan koneksi WiFi, baterai berkapasitas 2.000 mAh, dan layar yang bisa digunakan untuk menampilkan berbagai informasi terkait jaringan.

Harga modem TP-Link M7350 MiFi 4G kurang lebih Rp. Dari 950,000

5. Huawei B618

Huawei B618
Source : Huawei

Bisa dibilang Huawei B618 adalah modem 4G terbaik dengan dukungan teknis terkini. Ukurannya sangat besar, beratnya sekitar 400 gram, jadi tidak bisa dibawa-bawa. Namun, di dalamnya terdapat teknologi 4G Cat 11 yang dapat mengatur kecepatan maksimal 600 Mbps.

Baca Juga : 10 Paket Internet Lancar Dari Rumah 2021

Modem ini memiliki dua antena eksternal untuk membantu memperkuat sinyal, dapat terhubung ke 64 pengguna sekaligus, memiliki 1 port LAN, 1 port LAN / WAN, 1 port telepon, 1 port USB 2.0 dan 1 Slot kartu Micro SIM.

Karena tidak ada baterai, maka harus dioperasikan dengan menyambungkan modem Huawei B618 ke sumber listrik menggunakan adaptor daya. Adapun Anda bisa membuatnya tidak terkunci.

Harga modem Huawei B618 dibanderol kurang lebih Rp 2 jutaan.

6. ZMI MF885

ZMI MF885
Source : ZMI

Modem 4G terbaik yang kami rekomendasikan pada akhirnya memiliki ukuran yang cukup kecil dan fitur yang menarik. Soal koneksi, memang sudah mendukung teknologi 4G Cat 4 dengan kecepatan unduh maksimal 150 Mbps. Modem tersebut juga memiliki aplikasi khusus yang dapat dihubungkan ke 9 perangkat sekaligus, memiliki baterai 10.000 mAh, dan mendukung pengisian cepat 2.0.

Dibandingkan dengan modem lain, baterai memiliki kapasitas terbesar. Jika Anda membawanya, Anda bisa memakainya sepanjang hari. Bahkan, Anda juga dapat menggunakannya sebagai power bank untuk mengisi daya ponsel atau ponsel pintar Anda.

Harga modem ZMI MF885 ini berkisar Rp 1.000.000.

7. Movimax MV003

Movimax MV003
Source : Bukalapak

Selain yang sudah disebutkan di atas, ada lagi bundel MiFi 4G yang sangat andal. MiFi yang dimaksud adalah Movimax MV003. Ini adalah modem mini yang mendukung jaringan Internet 4G LTE cepat dan dijual sebagai opsi dalam paket perangkat lunak XL Go.

Movimax MV003 memiliki kapasitas baterai yang besar yaitu 2300 mAh yang dapat bertahan sekitar 10 jam, jadi sebaiknya Anda menggunakan MiFi. Teknologi internetnya juga 4G LTE Cat4 yang artinya Anda bisa mendapatkan kecepatan download maksimal 150 Mbps dan kecepatan upload maksimal 50 Mbps.

Berukuran kecil, Anda dapat dengan mudah membawanya. Taruh saja di saku jaket atau saku samping tas Anda. Jika Anda ingin menggunakannya bersama teman, MiFi ini dapat menangani hingga 32 perangkat.

Harga bundle Movimax MV003 XL Go ini sekitar Rp 400.000.

8. Smartfren Andromax M3Y

Smartfren Andromax M3Y
Source : Smartfren

Nyatanya, modem MiFi terbaik sebenarnya adalah produk lama Smartfren. Namun, Anda tetap bisa langsung mendapatkannya. Spesifikasi ini lebih unggul dan dapat diandalkan untuk ukuran modem. Memang benar Anda tidak memiliki layar untuk melihat kuota dan informasi lainnya, tetapi yang terpenting, Internet cepat.

Smartfren bekerja sama dengan Haier untuk membuat modem. Ini termasuk chipset Qualcomm MDM 9307 yang mendukung teknologi 4G LTE Cat 4 dan dapat mengirimkan WiFi pada frekuensi 2,4 GHz.

Smartfren M3Y dapat menangani banyak koneksi. Hingga 32 gadget dapat dihubungkan pada saat yang bersamaan. Ini sangat berguna jika Anda adalah seseorang yang suka menggunakan MiFi bersama. Misalnya saat main (main bareng) Mobile Legend atau PUBG.

Harga Smartfren Andromax M3Y berada di kisaran Rs 380.000.

9. D-Link DWR 932c

D-Link DWR 932c
Source : D-Link

MiFi D-Link DWR 932c sedikit lebih besar, tapi sangat tipis, dan tidak merepotkan untuk dibawa. Memiliki desain minimalis dengan 3 indikator di bagian depan untuk menunjukkan kekuatan baterai, WiFi dan 4G LTE. Sayangnya, tidak ada layar pada modem ini.

Seperti modem terbaik lainnya yang sudah disebutkan, D-Link DWR 932c juga menggunakan teknologi 4G LTE Cat4. Kapasitas baterainya 2.000 mAh, yang cukup untuk menampung modem. Namun, daya tahan pemakaiannya yang tidak terputus adalah sekitar 5 jam.

Baca Juga : Provider Jaringan Internet Kabel Di Indonesia

Selain bisa mentransfer koneksi internet nirkabel, Anda juga bisa menggunakan port micro USB di MiFi ini untuk berselancar. Cukup hubungkan port ke laptop atau komputer dan koneksi internet dapat dimulai dari sana. Untuk versi unlocked harga D-Link DWR 932c berkisar Rp. 699.000. Ini berarti Anda tidak terikat oleh operator apa pun dan dapat memasang kartu SIM sesuai kebutuhan.

10. Prolink PRT7011

Prolink PRT7011
Source : Prolink

MiFi ini juga sangat sederhana. Tidak ada layar di depan. Sebaliknya, hanya 3 LED yang diatur. Tandai sinyal baterai, WiFi dan 4G LTE. LED baterai dan sinyal 4G dapat berubah warna sesuai dengan kondisi pemantauan. Biru menunjukkan masih di atas 60%, hijau menunjukkan antara 60% dan 10%, dan oranye menunjukkan masih dalam 10%.

Teknologi koneksinya masih sama dengan jajaran modem 4G terbaik sebelumnya (yakni 4G LTE Cat4). Namun, hanya 10 gadget yang dapat disambungkan pada saat bersamaan. Anda juga dapat menggunakan port micro USB pada modem ini untuk mengakses Internet.

Mengenai daya tahan baterai, Prolink PRT7011 cukup bagus. Baterainya berkapasitas 2.000 mAh dan mampu menyala terus menerus hingga 10 jam. Harga Prolink PRT7011 adalah Rp. Dalam 660.000.

You may also like